Artikel

Artikel

Bangun Pagi dan Kebangunan Rohani

Posted 01/05/2013 | 12:05

"Tetapi orang yang mengasihiNya bagaikan matahari yang terbit dalam kemegahannya." (Hakim-Hakim 5:31)

MENDATANGKAN KEBANGUNAN ROHANI

Ketetapan hukum yang Allah berikan kepada alam semesta ini adalah adanya satu fajar setiap dua puluh empat jam, fajar memberikan satu permulaan baru kepada setiap makhluk hidup, memberikan satu terang matahari yang baru. Demikian juga de­ngan kehidupan kerohanian orang Kristen. Setiap pagi seharus­nya ada satu kebangunan, ada satu fajar. Kehidupan orang Kristen, perlu me­miliki satu fajar, memiliki satu permulaan yang baru. Mungkin hari ini Anda sangat kalah, tetapi Anda boleh melalui mengaku dosa kepada Tuhan, mohon darah adi Tuhan mencuci bersih, dan pada keesokan harinya, Anda bisa kembali di hadapan Tuhan memiliki satu permulaan yang baru. Sebab itu kita, orang-orang Kristen, ha­rus tidur pagian dan bangun pagian, pada pagi hari matahari terbit, kita juga ikut bangun. Jangan menunggu jam delapan baru bangun tidur. Perlu sebelum jam enam, lebih baik sekitar jam lima sudah bangun. Bahkan orang-orang kuno juga mengajarkan bahwa kita harus bangun pada pagi-pagi hari, juga dikatakan, ren­cana sepanjang hari tergantung pada pagi hari, perkataan ini sangat beralasan. Kita sebagai orang Kristen adalah orang yang paling tepat di bumi, sebab itu harus menempuh penghidupan yang paling tepat. Kehidupan yang paling tepat adalah kehidupan yang mengikuti matahari, begitu fajar tiba, kita segera bangun. Perkara pertama yang kita lakukan setelah bangun, bukanlah si­buk dengan perkara yang lainnya, melainkan terlebih dahulu da­tang mendekati Tuhan, mendoa-bacakan dua atau tiga ayat Al­kitab, mencerna ayat-ayat tersebut ke dalam diri kita.

Karena itu, waktu pagi sangatlah berharga. Kita lebih baik berusaha sedikit menggunakannya untuk hal-hal yang lain, lebih banyak memakainya untuk mendoa-bacakan firman Tuhan. Demi menghemat waktu, begitu bangun pagi dan menge­nakan pakaian, kita mulai menyeru nama Tuhan, mendoa-baca firman Tuhan. Jika saat-saat ini isteri Anda belum bangun tidur, janganlah Anda ribut-ribut dan berteriak keras, Anda boleh di dalam hati berdoa. Ketika Anda mengenakan baju, Anda boleh dari dalam hati mendoa-baca ayat Alkitab yang kemarin: "Pada mulanya, Allah, menciptakan, langit, bumi." Ketika Anda member­sihkan diri, Anda juga boleh mendoa-baca. Anda boleh dalam waktu yang bersamaan melakukan dua perkara, mungkin sewaktu memulainya tidak terbiasa, tetapi setelah melakukan beberapa kali sudah terbiasa. Pada pagi hari Anda memiliki waktu setengah jam, bahkan sampai lima puluh menit berdoa, juga membaca firman Tuhan. Akhirnya, Anda membaurkan doa dan membaca Al­kitab, demikian roh Anda dihidupkan, pada pagi hari dalam satu hari ini, seluruh diri Anda memiliki satu kebangunan.

Kebangunan bagi orang Kristen bukan setelah hari siang, lebih-lebih bukan pada sore atau petang hari setelah matahari ter­benam, melainkan pada pagi-pagi hari. Kehidupan orang Kristen bukan seperti matahari terbenam di barat, melainkan seperti matahari terbit di timur. Dan bahkan kita adalah ma­tahari. Hakim-hakim 5:31 mengatakan, "Tetapi orang yang menga­sihiNya bagaikan matahari terbit dalam kemegahannya." Amsal 4:18 mengatakan, "Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari." Kehi­dupan orang Kristen seharusnya mengikuti matahari. Ketika ma­tahari terbit, kita juga ikut naik, kita terus naik sampai ke tengah hari. Kehidupan orang Kristen tidak mengenal sore hari; tak peduli kita masuk ke dalam kerumunan orang, atau masuk dalam sidang, kita harus membawa cahaya fajar kepada orang. Sebab itu setiap pagi, tak peduli bagaimana repotnya Anda, Anda harus mengeluarkan waktu melatih roh.

Dalam zaman dunia hari ini, tidak ada satu orangpun yang tidak sibuk, karena itu kita harus menggunakan waktu kita seperti menggunakan uang, yaitu harus terlebih dahulu ada perhitung­annya. Kita harus menggunakan bagian pertama dari waktu kita setiap hari pada diri Tuhan. Perkara pertama yang dilakukan be­gitu bangun pagi ialah melatih roh Anda, karena hari ini Tuhan justru berada di dalam roh Anda. Anda menikmati Tuhan, me­nerima Tuhan, mendapatkan Tuhan, mengalami Tuhan, semua ini mutlak adalah cerita roh. Jika hari ini roh Anda tidak benar, maka hubungan Anda dengan Tuhan sepenuhnya akan runtuh. Sebab itu, setiap pagi begitu kita bangun, perkara pertama yang harus kita lakukan adalah melatih roh kita. Anda harus berseru kepada Tuhan, jika situasi memungkinkan, Anda perlu mengambil Alkitab dan mendoa-baca; jika tidak leluasa, Anda harus dari ingatan Anda mengambil ayat-ayat Alkitab untuk mendoa-bacakan. Po­koknya Anda harus memiliki sepotongan waktu yang digunakan di atas doa-baca. Jika Anda demikian berlatih, manusia Anda akan dari luar ke dalam dicuci oleh firman Tuhan, sepertinya Anda te­lah mandi rohani, dari ujung kepala sampai ujung kaki telah di­bersihkan oleh firman Tuhan, demikian Anda kembali diperbarui.

Sumber: Yayasan Perpustakaan Injil, Makanan Rohani Sehari-hari.


Fitur komentar ditutup.