Artikel

Artikel

Gereja itu Jodoh Kristus

Posted 01/05/2014 | 12:05

“Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: ‘Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.’”  (Kejadian 2:21-23)


Adam memerlukan seorang jodoh, apa yang dilakukan Allah untuk memenuhi keperluan ini? Kejadian 2:19-20 mengatakan, “Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu. Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.” Allah membawa ke hadapan Adam segala makhluk hidup, tetapi tidak satu pun dari antaranya yang merupakan jodoh Adam. Semua makhluk hidup yang diciptakan dari tanah tidak dapat menjadi penolong bagi Adam.

Ayat 21-23 mengatakan, “Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: ‘Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.’” Inilah jodoh Adam, ini melambangkan gereja yang dikatakan dalam Efesus 5. Dengan jelas dikatakan di sini bahwa setiap makhluk yang diciptakan dari tanah, yang tidak diambil dari tubuh Adam, tidak dapat menjadi jodoh Adam. Semua binatang hutan, ternak, dan burung di udara diciptakan dari tanah, mereka tidak diambil dari tubuh Adam, mereka tidak dapat menjadi jodoh Adam. Kita harus ingat bahwa Hawa dibentuk dari tulang rusuk Adam; Adam adalah bahan untuk menciptakan Hawa. Ini berarti gereja berasal dari Kristus. Hanya yang berasal dari Kristus barulah gereja, yang tidak berasal dari Kristus bukan gereja.

Kita masih perlu memperhatikan beberapa istilah lagi dalam Kejadian 1:26-27. Ayat 26 mengatakan, “Berfirmanlah Allah: ‘Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka . . .’” Dalam bahasa aslinya, kata “manusia” di sini berbentuk tunggal, tetapi sesudah itu, digunakan kata ganti “mereka.” Pola yang sama digunakan dalam ayat 27, “Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.” Kata “manusia” di sini berbentuk tunggal, tetapi kata ganti yang mengikutinya, “mereka”, berbentuk jamak. Di sini kita nampak bahwa Allah menciptakan satu manusia, tetapi kita juga dapat berkata bahwa Ia menciptakan dua! Satu itu menjadi dua, tetapi keduanya itu satu. Bagaimana mungkin? Karena Hawa ada di dalam Adam.

Perhatikan satu hal lagi dalam ayat 27, “Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.” Cara Allah menciptakan “manusia” sama dengan cara-Nya menciptakan “mereka”. Bukan hanya Adam yang diciptakan, Hawa juga termasuk di dalamnya. “Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya.” “Manusia” ini berbentuk tunggal dan melambangkan Kristus. Kemudian, “menurut gambar Allah diciptakannya mereka.” Kata “mereka” di sini berbentuk jamak dan melambangkan Kristus ditambah dengan gereja. Allah bukan hanya menginginkan seorang Anak tunggal, Ia juga menginginkan banyak anak. Dan anak-anak itu harus seperti Anak yang satu itu. Dari ayat-ayat ini kita nampak, jika gereja tidak mencapai tahapan sebagaimana Kristus, Allah tidak akan berhenti dan pekerjaan-Nya tidak akan selesai. Bukan hanya Adam yang serupa dengan gambar Allah, tetapi juga Hawa. Bukan hanya Kristus yang memiliki hayat Allah, gereja pun memiliki hayat Allah.

Sumber: Yayasan Perpustakaan Injil, Kudus dan Tak Bercela, Bab 2


Fitur komentar ditutup.