Artikel

Artikel

Membangun Tubuh Kristus

Posted 01/05/2013 | 12:05

Tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih." (Efesus 4:15)

MEMBANGUN TUBUH KRISTUS

Dalam Efesus pasal 1 dan 2 Paulus memberi tahu kita apakah itu gereja? Gereja adalah hasrat yang diperkenan Allah, yang berasal dari Dia, Tritunggal ilahi ini. Bahan gereja adalah orang dosa yang mati dalam pelanggaran dan dosa. Tetapi Allah, melalui inkarnasi, naik ke salib, merampungkan kematian yang almuhit, melewati kebangkitan, dan naik ke surga. Melalui proses-proses ini, orang dosa yang terpilih, diciptakan ulang, dibentuk lagi, dilahirkan kembali, menjadi orang yang hidup kembali, yang bangkit dalam Kristus, dan orang yang bersama Kristus naik ke surga, bersama-sama duduk di surga. Mereka menjadi karya agung Allah, yaitu manusia baru. Dalam Efesus pasal 3, Paulus memperlihatkan kepada kita, karya agung ini berasal dari rencana Allah dan jabatan pengurus rumah tangga Allah. Sampai Efesus pasal 4, Paulus memperlihatkan kepada kita aspek lain dari gereja. Dari sudut yang lain, yaitu dari sudut membangun Tubuh Kristus, Dia membicarakan Tubuh Kristus. Tubuh organik Kristus ini perlu dibangun.

BAGI PEKERJAAN MINISTRI, BAGI PEMBANGUNAN TUBUH KRISTUS

Efesus 4:12 mengatakan, orang yang berkarunia "Untuk mem­perlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan (ministri), bagi pembangunan Tubuh Kristus." Menurut susunan tata bahasa, pekerjaan ministri adalah membangun Tubuh Kristus. Penggenapan adalah un­tuk pekerjaan ministri, yaitu pembangunan Tubuh Kristus. Mengge­napi kaum saleh untuk pekerjaan ministri, ministri ini adalah satu­-satunya ministri dalam Perjanjian Baru. Beribu-ribu orang beriman mungkin melakukan satu pekerjaan yang mempunyai seribu bagian, tetapi setiap bagian seharusnya untuk pekerjaan unik dari ministri yang unik, untuk membangun Tubuh Kristus. Paulus membicarakan pem­bangunan Tubuh Kristus, bukan membicarakan membangun gereja. Paulus tidak menekankan membangun gereja menjadi satu organisasi, tetapi menekankan membangun Tubuh menjadi organisme. Tujuan menggenapi kaum saleh adalah untuk pekerjaan ministri, untuk mem­bangun Tubuh Kristus menjadi organisme.

TUBUH KRISTUS MEMBANGUN DIRI SENDIRI DALAM KASIH

Efesus 4:15-16 mengatakan, "Tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. Dari pada-Nyalah seluruh tu­buh, -- yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota -- menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih."

DENGAN TEGUH BERPEGANG KEPADA KEBENARAN DI DALAM KASIH

Efesus 4:15 memperlihatkan kepada kita, untuk membangun Tubuh Kristus, pertama harus dengan teguh berpegang kepada ke­benaran di dalam kasih. Segala sesuatu dalam alam semesta adalah sia-sia, kosong, tidak ada kebenaran. Dilihat menurut Surat Efesus, da­lam alam semesta hanya ada tiga hal yang memiliki kebenaran, yang bisa tinggal sampai selamanya. Pertama, ekonomi Perjanjian Baru. Ini paling riil, paling benar, perlu kita pegang dalam kasih. Kasih ini bukan kasih kita sendiri, melainkan kasih Allah dalam Kristus, menjadi kasih di dalam kita. Melalui kasih ini, kita mengasihi Allah, mengasihi Kristus, mengasihi gereja. Kita harus di dalam kasih ini berpegang kepada rencana Allah, eko­nomi Allah. Kedua, Kristus yang almuhit. Kristuslah yang paling benar; doktrin, segala konsepsi, dan pengajaran yang berbeda semuanya bukan yang benar. Kita harus berpegang kepada Kristus, jangan mau yang lain. Ketiga, gereja yang menjadi Tubuh Kristus -- organisme. Gereja juga yang benar, bisa tinggal sampai selamanya, karena dia adalah Tubuh dari Yang Benar itu -- Kristus. Kalau kita mau membangun Tubuh Kristus, harus berpegang kepada tiga hal ini, yang lainnya tidak perlu dipegang.

Sumber: Yayasan Perpustakaan Injil, Makanan Rohani Sehari-hari (3). 


Fitur komentar ditutup.